Apa Itu Internet Marketing: Pengertian, Manfaat dan Kelebihan Pemasaran Online

 

Apa Itu Internet Marketing: Pengertian, Manfaat dan Kelebihan Pemasaran Online

pengertian internet marketing

Internet marketing atau pemasaran internet adalah sebuah istilah yang mencakup semua kegiatan memasarkan produk dan layanan secara online.

Pemasaran internet juga mencakup semua metode dan platform yang digunakan untuk berkomunikasi dengan konsumen atau pelanggan, baik itu melalui website, email, media sosial, dan periklanan di internet.

Di artikel ini, kita akan mempelajari mengenai pemasaran online, perannya dalam bisnis, serta bagaimana menggunakan pemasaran internet untuk keuntungan sebuah bisnis.

Pengertian Internet Marketing

Sebenarnya, apa itu internet marketing (pemasaran online)? Secara umum, pengertian internet marketing adalah bentuk pemasaran yang dilakukan melalui atau menggunakan media internet atau secara online.

Pemasaran online mencakup semua platform online, alat, dan sistem pengiriman konten, seperti;

  • Website atau blog.
  • Pemasaran email
  • Media sosial.
  • Video/ podcast.
  • Iklan online.
  • Promosi berbayar.

Mungkin selama ini pemahaman kita tentang internet marketing itu adalah hanya jualan lewat internet. Sebenarnya itu tidak salah juga karena kalau dilihat dari definisinya, internet marketing itu adalah pemasaran secara online melalui internet.

Namun, kalau kita sudah bicara pemasaran, berarti itu bukan hanya penjualan tapi juga termasuk promosi, beriklan, branding, dan pelayanan pelanggan (customer service) yang dilakukan secara online.

Cara Kerja Pemasaran Internet

Apa gunanya kita melakukan pemasaran internet? Pertanyaan ini menjadi dasar mengapa seseorang atau sebuah bisnis melakukan pemasaran di internet.

Tentunya setiap pebisnis ingin meningkatkan hasil penjualan mereka atau ingin membuat brand mereka lebih terkenal.

Nah, internet adalah salah satu media yang sangat baik untuk memberikan informasi kepada pengguna internet tentang bisnis mereka, dan juga sebagai media untuk menjual produk yang mereka miliki.

Agar memudahkan kita memahami apa itu internet marketing, saya akan coba menjelaskan dengan cara lebih sederhana dan memberikan beberapa contoh bentuk internet marketing yang biasa dilakukan oleh para internet marketer (pemasar online).

Bentuk internet marketing itu bisa kita bagi menjadi 2 bagian, yaitu sebagai Sumber Penghasilan, dan Cara Promosi. Pada dasarnya yang dilakukan dalam pemasaran online sebenarnya hanya dua itu, namun type bisnisnya sangat banyak. Berikut ini adalah penjelasan lebih sederhana tentang internet marketing:

Internet Marketing sebagai Sumber Penghasilan (Source of Income)

Saat ini, internet sudah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat urban. Coba perhatikan sekitar Anda, hampir semua orang sudah punya smartphone, bahkan tukang siomay pun sudah punya Aplikasi WhatsApp di smartphone miliknya agar bisa langsung promosi siomay dagangannya ke pelanggan.

Pemasaran online sebagai sumber penghasilan bisa dilakukan dengan beberapa type bisnis, di antaranya adalah PPC (Pay Per Click), PPS (Pay Per Sale), PPL (Pay Per Lead), menjual produk sendiri (barang dan jasa), dan lain sebagainya. Berikut penjelasannya:

1. PPC (Pay Per Click)

Program PPC (Pay Per Click) banyak diikuti oleh pemiliki website/ blog atau YouTuber untuk mendapatkan penghasilan dari properti online mereka. Misalnya Artikel Blog, channel YouTube, Forum Online, Portal Berita, dan lain-lain.

Penghasilan yang didapatkan dari program PPC ini adalah berasal dari jumlah tayangan dan juga klik yang dilakukan oleh pengunjung pada iklan yang ada di sebuah situs.

Publisher atau pemilik situs tersebut akan dibayar per klik yang dilakukan oleh pengunjung situsnya, di mana harga per kliknya sudah ditentukan terlebih dahulu oleh Advertiser/ pengiklan. Besar penghasilan tergantung pada banyaknya klik iklan dan juga harga klik yang di bid oleh Advertiser.

Program PPC ini merupakan salah satu model bisnis online yang sangat menjanjikan. Beberapa perusahaan yang menawarkan program PPC diantaranya:

  • Google Adsense
  • Bidvertiser
  • Chitika
  • Infolinks
  • kumpul blogger
  • sitty
  • ID Blog Network
  • AdsenseCamp
  • KlikSaya
  • Dan lain-lain

2. PPS (Pay Per Sale)

Dari namanya saja kita mungkin bisa mengerti tentang program ini. Kita akan dibayar setiap kali terjadi pembelian produk yang berasal dari link affiliasi milik kita. Besarnya penghasilan sangat tergantung pada banyaknya barang yang dijual, dan juga rate persentase komisi dari pemilik barang tersebut.

Perusahaan yang menawarkan program PPS diantaranya:

3. PPL (Pay Per Lead)

Ini adalah program affiliasi dimana penjual/ vendor akan memberikan komisi setiap kali kita berhasil mengirimkan leads pada penjual/ vendor.

Misalnya kita mengarahkan pengguna internet untuk mendaftar pada email newsletter, free trial, atau mengisi formulir, melalui link affiliasi milik kita. Salah satu perusahaan yang menawarkan program PPL adalah maxbounty.

4. Menjual Produk Sendiri atau Produk Orang Lain

Sekarang ini, menjual sesuatu lewat internet bukanlah sesuatu yang luar biasa. Kita bisa menjual apapun lewat internet baik itu barang maupun jasa.

Selain itu, bisnis offline kita bisa juga dipasarkan melalui internet lho. Misalnya kita punya usaha jualan bawang goreng, jual saja lewat internet, pasti ada yang beli :)

Selain menjual produk sendiri, kita juga bisa mendapatkan penghasilan dengan cara menjual produk orang lain, baik itu produk fisik ataupun produk digital.

Salah satu proses internet marketing dengan cara menjual produk orang lain adalah dengan cara menjadi reseller dan dropshipper produk orang lain. Begitu juga dengan pada produk digital, kita bisa menjadi affiliate marketer untuk sebuah produk yang dijual orang lain.

5. Pelelangan (Online Auction)

Di internet juga ada tempat untuk menjual sesuatu milik kita atau milik orang lain yang kita bantu jualkan, dengan cara lelang. Tentunya ini bisa menguntungkan karena kita bisa menjual barang kita tersebut pada orang yang menawar dengan harga tertinggi.

Perusahaan terkenal yang menyediakan fasilitas pelelangan online:

Internet Marketing untuk Promosi Online (Traffic Generation)

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, promosi online adalah salah satu bentuk dari pemasaran online. Tidak perduli produk atau bisnis apa yang mau dipromosikan, internet adalah salah satu media yang sangat efektif untuk membangun brand dan membuat website bisnis kita dikenal banyak orang.

Ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis melalui media internet, diantaranya adalah melalui SEO (Search Engine Optimization), melalui iklan PPC (PPC Ads), Email Marketing, Mobile Advertising, dan Social Media Marketing.


1. SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah bentuk promosi online yang sangat saya sukai karena gratis. Promosi SEO membutuhkan keahlian khusus, membutuhkan proses dengan waktu yang tidak sebentar. Bahkan seringkali SEO justru membutuhkan biaya untuk melakukan optimasi.

Namun, pemasaran internet dengan cara SEO dianggap sangat penting karena trafik yang dihasilkan umumnya memiliki konversi yang sangat tinggi terhadap penjualan.

Itulah sebabnya ada banyak pemilik website yang rela mengeluarkan uang untuk menyewa jasa SEO untuk membuat situs bisnis mereka masuk dalam halaman utama hasil pencarian search engine.

3. SEM (Search Engine Marketing)

Berbeda dengan SEO, search engine marketing ini adalah iklan PPC (pay per click) yang tayang di halaman hasil pencarian situs mesin pencari.

Dalam hal ini kita sebagai pengiklan harus mengeluarkan uang agar iklan kita tampil di mesin pencari. Tentu saja kita bisa mengatur harga iklan yang sesuai dengan budget yang ada.

Di Indonesia, Google adalah search engine yang paling sering digunakan di internet. Jadi, ketika pengguna Google mengetik kata kunci untuk mencari informasi yang ia butuhkan, maka pengguna tersebut akan melihat iklan di bagian atas, samping kanan, dan bawah hasil pencarian.

Banyak pakar pemasaran online mengatakan bahwa Google Ads adalah metode pemasaran yang sangat tinggi konversinya karena halaman website kita berpeluang besar mendapatkan calon konsumen potensial dari mesin pencari.

4. Email Marketing

Sesuai dengan namanya, email marketing adalah proses pemasaran produk atau jasa dengan menggunakan email sebagai alat bantu. Email marketing ini juga bermacam-macam jenisnya, ada direct emailretention email, dan beriklan di email orang lain.

Marketing melalui email biasanya sangat efektif untuk pemasaran berulang pada orang yang sama karena sales letter bisa langsung dikirimkan kepada pemilik akun email tersebut.

Seperti kita ketahui, retensi atau pemasaran berulang-ulang sangat efektif mempengaruhi keputusan seseorang sehingga ia membeli suatu produk atau menjadi pelanggan setia. Namun, tentu saja pemasaran via email membutuhkan cara-cara khusus yang tidak membuat orang menjadi merasa terganggu.

Kita tidak boleh melakukan SPAM promosi melalui email karena akan mengganggu orang lain. Selain akan merugikan kita sendiri karena si pemilik email akan melakukan unsubscribe atau memasukkan email kita ke dalam daftar SPAMMER, bisnis kita juga akan dianggap tidak profesional.


5. Mobile Advertising

Mobile advertising adalah layanan pengiklanan melalui aplikasi mobile. Seperti kita ketahui, pengguna smartphone saat ini sudah sangat jamak, dan biasanya ponsel mereka dibawa kemanapun pergi.

Inilah yang membuat mobile advertising sangat efektif untuk media promosi bisnis. Beberapa model mobile ads adalah melalui SMS, Banner Ads, Games, dan lain-lain.

6. Social Media Marketing

Sama halnya dengan SEO, promosi online dengan menggunakan social media dapat dilakukan dengan gratis. Tapi ini tidak semudah yang dibayangkan kebanyakan orang karena melibatkan banyak faktor, baik dari pengguna sosmed maupun dari sosmed nya sendiri.

Seperti yang kita ketahui, pengguna situs media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan YouTube, jumlahnya sudah sangat banyak. Dan ini adalah media promosi yang sangat efektif untuk memasarkan produk apa saja melalui internet.

Media sosial juga memiliki fitur periklanan yang sangat banyak digunakan oleh internet marketer untuk mendulang trafik dan penjualan. Beberapa diantaranya yang populer saat ini adalah:

  • Facebook Ads
  • Twitter Ads
  • Instagram Ads
  • YouTube Ads
  • Dan lain sebagainya

Apakah Bisnis Saya Membutuhkan Pemasaran Internet?

Pertanyaan ini mungkin timbul pada beberapa orang, terutama mereka yang terbiasa dengan pemasaran konvensional.

Saat ini, pemasaran internet merupakan hal yang wajib bagi semua jenis bisnis. Tidak perduli apa pun jenis bisnisnya.

Mengapa? Karena masyarakat secara umum sudah melek teknologi dan banyak yang menghabiskan waktu menjelajahi internet, baik itu memeriksa email, bermain media sosial, mencari informasi di Google, dan membaca artikel di berbagai situs.

Pemasaran online memiliki beberapa manfaat dan kelebihan dibandingkan dengan pemasaran konvensional. Mengacu pada pengertian internet marketing di atas, berikut ini adalah beberapa kelebihan pemasaran online:

  • Pemasaran online dapat dilakukan selama 24 jam non-stop.
  • Jangkauan pasar sangat luas karena kita dapat menjangkau berbagai kota, provinsi, bahkan negara lain (global) ketika memasarkan suatu produk melalui internet.
  • Biaya pemasaran online cenderung lebih hemat dibandingkan dengan pemasaran konvensional.
  • Dengan internet marketing maka risiko kerugian cenderung lebih kecil dibandingkan pemasaran konvensional.
  • Kita dapat melacak dan mengukur data respon konsumen dalam kegiatan pemasaran.
  • Dapat memasarkan produk kepada banyak orang sekaligus secara personal tanpa menyita waktu.
  • Dan masih banyak kelebihan lainnya.

Jadi, semua bisnis seharusnya memanfaatkan internet dalam proses pemasaran produk atau jasanya.


Simpulan

Dari penjelasan di atas, kita dapat mengambil beberapa kesimpulan mengenai pemasaran internet atau internet marketing, yaitu:

  • Pemasaran internet adalah istilah yang mencakup semua kegiatan memasarkan produk dan layanan secara online.
  • Internet marketing mencakup konten situs web, email, media sosial, iklan online, dan lain-lain.
  • Jenis pemasaran internet terbaik bagi setiap bisnis tergantung model bisnis, jenis produk, target konsumen, dan anggaran.

Ada banyak sekali cara untuk melakukan internet marketing, namun kita tidak perlu melakukan semuanya karena tidak semua metode pemasaran bisa sesuai bagi semua model bisnis. Pilihlah satu atau dua yang paling efektif dan cocok untuk make money online atau memasarkan produk/ jasa yang ingin dipromosikan.

Posting Komentar

0 Komentar